Jumat, 20 Maret 2009

26.945 SISWA SIAP IKUTI UASBN/UNAS

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Drs Kasiyo MM meminta kepada seluruh kepala sekolah dan guru untuk lebih serius mempersiapkan anak didiknya menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan ujian nasional (Unas). Jangan sampai para siswanya hanya sekadar bisa lulus, namun nilai rata-ratanya harus meningkat, sehingga kualitas pendidikan di daerah ini akan meningkat.



Demikian ditegaskan Kasiyo MM didampingi sekretarisnya Drs Wahyu Pujiyanto, Kamis (19/3). Pihaknya sangat prihatin dengan hasil kelulusan dan kualitas pendidikan di Gunungkidul yang selalu berada di urutan 5 wilayah DIY. Untuk itu guru harus bertanggungjawab secara moral dalam mendorong para peserta didiknya untuk benar-benar mempersiapkan ujian yang akan datang. Dikatakan oleh Wahyu Pujiyanto bahwa untuk menghadapi Unas dan UASBN sejak memasuki tahun ajaran baru 2008/2009 sejumlah sekolah banyak mendapatkan tambahan jam pelajaran. Bahkan tak sedikit para siswa kelas VI, IX dan XII juga mengikuti bimbingan belajar di berbagai lembaga yang ada.


“Selain menargetkan bisa 100 persen lulus, juga nilai rata-ratanya bisa naik, sehingga bisa mengungguli dari kabupaten lain,” kata Kasiyo.


Terkait dengan persiapan Unas dan UASBN, Kepala Disdikpra kembali mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah agar dalam pelaksanaan ujian tidak membenani siswa dan orangtua dengan penarikan biaya untuk ujian. Pemkab Gunungkidul sudah memberikan bantuan untuk pelaksanaan ujian yang besarnya untuk SD/MI Rp 15 ribu/ siswa, SMP/MTs Rp 50 ribu per siswa, SMA/MA dan SMK non tekonologi Rp 100 ribu/anak dan SMK teknologi Rp 200 ribu/anak untuk biaya praktik ujian.
Adapun jumlah peserta UASBN untuk SD/MI 2008/2009 sebanyak 10.597 anak, peserta Unas untuk SMP/MTs sebanyak 10.400 anak dan SMA 2.303 anak serta SMK sebanyak 3.645 anak. Seluruh calon peserta ujian ini sudah terdaftar untuk mengikuti ujian yang akan dilaksanakan untuk SD/MI 11-13 Mei 2009, SMP/MTs 27-30 April 209 dan SMA/SMK pada 20-24 April 2009.
(Awa)

1 komentar:

  1. Waduh targetnya 100%, apa nggak ketinggian ya pak. Artinya kita bisa terbaik dong di DIY. Semoga target tersebut tercapai dengan sempurna.

    BalasHapus