Sabtu, 21 Maret 2009

Permainan Outbound Cerdaskan Guru TK


Akhir-akhir ini, kegiatan di alam terbuka atau yang sering dikenal dengan istilah outbound atau out bound banyak diminati berbagai kalangan. Baik oleh karyawan di perusahaan, LSM, maupun sekolah-sekolah. Tidak hanya di sekolah menengah, bahkan anak-anak usia TK pun sudah diajak melakukan aktivitas permainan outbound semacam ini.
 
UPT TK dan SD Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul membawa guru-guru TK di Kecamatan Semin untuk “ber-outbound ria” di kawasan hutan pendidikan Wanagama Playen, Gunungkidul. Di kawasan hutan yang begitu luas dengan aneka tanaman hutan dan keceriaan dan kicauan burung-burung sangat tepat untuk digunakan outbound dan belajar alami yang lengkap dengan ukuran yang proposional untuk guru-guru TK. Kawasan hutan tsb meliputi hutan tropis, air terjun, sungai , kolam ikan, laboratorium pembibitan, pembibitan ulat sutra dan tentunya homestay yang bersih dan nyaman.
Desain aktivitas outbound training divariasikan sedemikian rupa sehingga seluruh aspek pembelajaran tercakup, meliputi permainan kompetisi antar kelompok, pengembangan motorik anak secara individual, pengenalan unsur alam sekitar dan lain-lain. Kesemuanya dikemas dalam suasana outbound yang fun dan membuat peserta termehek-mehek khas anak-anak gunungkidul. Aktivitas semacam ini merupakan pengembangan seluruh potensi kecerdasan peserta yang disebutkan dalam multiple intelligence (kecerdasan jamak).
Menurut Thomas Amstrong PhD dalam bukunya yang berjudul Setiap Anak Cerdas!, ada dalam diri seorang anak dapat dikembangkan 8 kecerdasan yang meliputi kecerdasan linguistic, logis-matematis, spasial, kinestetik-jasmani, musical, antarpribadi, intrapribadi dan natural. Kedelapan kecerdasan ini satu sama lain tidak ada yang bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan yang lain.

Metode pembelajaran out bound yang memungkinkan tumbuhnya kecerdasan jamak seperti ini adalah Metode Pembelajaran Tematik. Dengan mengambil suatu tema permainan outbound tertentu, keseluruhan jenis kecerdasan akan diasah dan dikembangkan. Kegiatan management outbound menjadi salah satu tema yang menarik untuk dipilih adalah sebagai metode belajar. Dengan mengikuti outbound ini diharapkan guru TK di Kecamatan Semin dapat mengembangkan 8 kecerdasan tersebut dengan baik. 

Outbound training guru-guru TK di Kecamatan Semin ini difasilitasi oleh UPT TK dan SD Kecamatan Semin yang bekerja sama dengan Termehek-mehek Out Bound Training Gunungkidul. Fasilitator mampu membuat peserta outbound melupakan sejenak berbagai urusan rumah tangga, mengajar, dsb...dsb...





1 komentar:

  1. Selamat kepada guru TK N Semin yang telah berhasil menyelenggarakan outbound training. Semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran di TK. Barvo.

    BalasHapus